Friday, 8 April 2011

"BENTENG DIGITAL" Kode pamungkas, Kuat, Berbahaya ... dan Tidak Terpecahkan

Ada hal menarik dari buku yang telah saya baca karangan DAN BROWN
(Penulis buku paling fenomenal THE DA VINCI CODE) yang berjudul :

“DIGITAL FORTRESS”
(Benteng Digital)
Kode Pemungkas. Kuat,
Berbahaya … dan tidak Terpecahkan

Kriptografi Yaitu … sebuah Devisi dalam NSA (National Security Agency), sebuah organisasi milik Pemerintah Amerika Serikat yang paling berpengaruh di seluruh dunia. NSA mengumpulkan data intelijen elektronika dari seluruh dunia yang mereka pecahkan melalui sebuah alat yang bernama TRANSLTR dan melindungi informasi rahasia milik Amerika Serikat selama lebih dari separuh abad.


Ya, terkait dengan buku yang bercerita tentang sebuah polemik dalam tubuh NSA mengenai sebuah mesin pemecah sandi tercanggih bernama TRANSLTR tersebut saya kembali mengulas ingin mengambil inti sari ilmu dan mencoba berbagi dengan teman-teman bahwa saya sangat tertarik pada sebuah Devisi dalam NSA yaitu Devisi Kriptografi : Sebuah kelompok  elite yang terdiri atas jago-jago Matematika yang lebih dikenal sebagai para kriptografer atau ahli pemecah sandi.

Dan … saya ingin mengajak teman-teman yang merasa tertantang untuk belajar menjadi seorang Kriptografer walaupun tidak menjadi agen intelijen seperti 007 setidaknya kita belajar memaksimalkan otak kita untuk berfikir dalam memecahkan sebuah kata sandi, siapa tau ada yang berbakat …

Sebagai perkenalan pertemuan episode awal kita, saya tuliskan sebuah sandi yang harus anda pecahkan dan nanti jawaban dari sandi tersebut anda kirim ke email saya di nesaga13@yahoo.com atau agus13doank@yahoo.co.id atau boleh juga ke menu pesan facebook saya di akun Agus Doank.

STKHRJZM MZLZ CZM JDKZR ZMCZ

Ini adalah jenis sandi yang paling gampang dan yang pasti di setiap episodenya anda akan mendapatkan jenis-jenis sandi yang lebih rumit.

Ingat… kalau anda telah berhasil memecahkannya, jaga kerahasiannya…    jangan sampai teman-temen anda tahu. Selamat Berfikir ……

No comments: