Monday, 7 November 2011

kemenangan telak sang garuda muda



Di tengah semrawutnya kompetisi liga Indonesia Timnas U23 dipertandingan pertamanya di ajang Seagames 2011 menang besar  lawan Kamboja, dengan skor 6 gol tanpa balas. Kemenangan besar itu ternyata tidak didapat dengan mudah, di menit-menit awal serangan “Garuda Muda” selalu terbentur oleh rapatnya tembok pertahanan Kamboja. Kontan saja hal itu membuat Rahmad Darmawan (RD) sempat gusar, RD yang biasa tampil dingin di samping lapangan tidak bisa menahan untuk teriak dan terus memberi instruksin kepada para punggawa Timnas U23. Dan mereka akhirnya mampu mengatasi rasa gugup dan mencetak empat gol di babak pertama melalui Titus Bonai, Patrich Wanggai (2 gol) dan Gunawan Dwi Cahyo.



Meski sudah unggul 4 gol, Indonesia tidak mengendurkan tempo serangan. Namun, lagi-lagi di menit-menit awal Indonesia sempat kerepotan meladeni permainan Kamboja. Gol kembali tercipta di setelah pertandingan memasuki menit ke-80. Dua gol tambahan dicetak oleh Andik Vermansyah dan Ramdhani Lestaluhu.


Melihat penampilan impresif Indonesia, Rahmad Darmawan mengaku terkejut.

"Jujur saya terkejut melihat penampilan anak-anak. Ini benar-benar diluar dugaan. Sejak menit -menit awal mereka sudah mampu mengatasi rasa gugup. Mereka main lepas dan diikuti dengan improvisasi yang sangat bagus," kata Rahmad dalam jumpa pers usai pertandingan, Senin (7/11) malam.


Namun, Rahmad menyayangkan penampilan Egi Melgiansyah cs di babak kedua yang dinilainya terlalu banyak melakukan dribel bola daripada passing.


"Di babak kedua, pemain lebih sering melakukan dribel. Padahal saya menekankan pentingnya untuk melakukan umpan-umpan pendek daripada aksi individu. Secara keseluruhan tim bermain baik namun ini baru langkah kecil. Lawan yang lebih tangguh sudah menunggu," imbuhnya.


Kamboja sempat mencetak gol namu dianulir. Pasca kejadian tersebut, Rahmad tampak berdiri di technical area dan memberikan instruksi kepada para pemain Indonesia.

"Saya menginstruksikan kepada pemain untuk bermain lebih sabar dan melakukan umpan yang efektif. Jangan tergesa-gesa dan atur tempo permainan. Semua tidak melulu soal kecepatan. Itu yang saya katakan dari pinggir lapangan," pungkasnya.

No comments: