Tuesday, 20 November 2012

OPEN CLASS

 
Open Class Lesson Study Pertemuan ke-5 di SMP Negeri 1 Gabuswetan



Sabtu, 17 November 2012 adalah hari yang sangat spesial buat saya. Dimana hari itu saya mengemban tugas sebagai guru model pada kegiatan open class lesson study berbasis MGMP, yang sesuai jadwal bertempat di SMP Negeri 1 Gabuswetan. (Chapter dan Lesson Design serta administrasi lainnya dalam pelaksanaan open class tersebut dapat di download di link paling bawah).


Latar belakang mengajar saya adalah IPA Terpadu di kelas 7, tapi saya terbagi di kelompok kelas 9. Dengan dukungan dan kepercayaan teman-teman sekelompok akhirnya saya menerima tantangan itu, yakni sebagai guru model untuk materi kelas 9.

Menindaklanjuti workshop lesson study sebelumnya yang di adakan selama 3 hari di SMPN Unggulan Sindang-Indramayu, kemudian pada tanggal 3 November 2012 di SMPN 1 Sindang kegiatan Lesson Study yang terdiri dari 40 guru IPA dan 4 fasilitator propinsi kegiatan kita mulai dengan agenda menyusun dan merencanakan (plan) dengan membuat chapter dan lesson design untuk open class di kegiatan berikutnya.

Sesuai target akhirnya kami dapat menyusun chapter dan lesson design untuk open class, kegiatan open class pertama akan di adakan di SMPN 1 Indramayu, materi yang akan di sampaikan adalah materi kelas 7 tentang massa jenis, dan yang ditunjuk sebagai guru modelnya adalah Pak Sucipto.

Open Class di SMPN 1 Indramayu oleh Pak Sucipto sebagai guru modelnya dapat berjalan lancer, setelah diadakannya refleksi disambung dengan presentasi chapter dan lesson design untuk kegiatan open class minggu berikutnya. Dengan persiapan yang lumayan matang akhirnya saya tampil dengan percaya diri untuk mempresentasikan kepada teman-teman guru dan fasilitator dan alhamdulliah tidak ada kendala yang berarti, Cuma ada beberapa masukan saja yang didapat dari pengalaman open class yang baru tadi pagi dilaksanakan.

Dan akhirnya setelah persiapan seminggu tibalah saatnya saya tampil sebagai guru model, Alhamdulillah pembelajaran dapat berjalan lancer, siswa kelas IX-1 yang merupakan siswa-siswa unggulan NESAGA adalah bagian terpenting dari sukses dan lancarnya proses pembelajaran ini. Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada bapak Kepala Sekolah yang dengan penuh semangat telah mendukung kegiatan ini, para fasilitator yang tak berhenti untuk memberikan masukan, teman-teman kelompok kelas 9 yang juga dengan sabar dan telaten membimbing serta mengarakan saya untuk dapat bertugas dengan baik, dan teman-teman MGMP IPA sekaligus yang bertindak sebagai observer, serta tidak lupa tentunya kepada siswa-siswa kelas IX-1 yang sudah mencurahkan tenaga dan pikirannya sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancer dan sukses.

Berikut link yang bsa anda download perihal Chapter dan Lesson Design Berbasis MGMP IPA Pertemuan ke-5 di SMPN 1 Gabuswetan :

1.  Cover
2.  Chapter dan Lesson Design
3.  Lampiran TDL
4.  Lembar Kerja

5.  Denah Tempat Duduk
6.  Nama Kelompok
7.  Administrsi LS