Wednesday, 10 April 2013

FUNK dan PUNK, apa bedanya?



 Funk
Musik Funk adalah memang benar-benar tercipta untuk musik dan bukan gaya hidup atau semacamnya. Funk ini adalah perkembangan dari aliran Rap yang berasal dari Afrika . Funk muncul beriringan dengan kemunculan genre-genre baru pada tahun 50 an seperti Jazz dan Blues dan sejenisnya . Karena pada masa itu masyarakat barat dan Eropa menyukai musik yang ngebeat dan enak untuk bergoyang, sehingga genre musik yang lahir juga mempunyai gaya-gaya yang lembut dengan sedikit beat dan Rhytme cepat.
Seperti kita tahu bahwa musik Funk adalah perkembangan dari Musik Jazz dan Blues, maka di dalam Funk unsur Jazz dan Bluesnya masih kental hanya saja ritmiknya berbeda dan lebih cenderung Electrical Music. Biasanya di dalam lagu Funk di selipkan Gaya Rap karena memang bibitnya adalah Rap.



Punk
Berbeda dengan Punk yang memiliki sejarah panjang. Jika kita melihat awal mula kemunculan Punk adalah berasal dari London Inggris. Nama Punk sendiri adalah sebuah singkatan dari Public United Non Kingdom. Yang artinya adalah sebuah Kumpulan manusia anti kerajaan/gerakan anti kemapanan dan gerakan pemberontakan dari kaum yang tidak setuju dengan hukum yang berlaku di Kerajaan Inggris saat itu. Para pemuda Inggris yang tidak ingin terkait dengan Hukum kerajaan bergabung menjadi satu Kelompok untuk hidup bebas anti Hukum.
Namun banyak sekali kesalahan yang ternyata sudah mendarah daging dengan arti dari Punk ini. Punk itu adalah Mutlak Genre Musik dengan Gaya yang seram dan menghentak. Pada awalnya Pank hanya ada di Inggris dan bukan mengenai musik, melainkan sebuah gaya hidup anti kemapanan dan pelarian dari Hukum untuk hidup bebas. Hingga pada akhirnya Kaum Punk ini merambah ke daratan Amerika dan semakin berkembang di negri paman Sam itu.

Para kaum Punk ini akhirnya mengekspresikan semua curahan hati dan kekesalannya kepada Oknum politik di negara mereka melalui Musik. Tema musik yang diusung bukan mengenai Cinta dan kebahagiaan melainkan kekecewaan, Jeritan dan lolongan dari kaum yang tertindas oleh kebuasan keadaan. Isi lagu-lagu mereka mengenai politik, lingkungan, protes dan semacamnya. Dari situlah awal mula munculnya Genre Punk dalam dunia Musik. Dan dari situ juga Punk kemudian menjadi terkenal dengan. Dengan gaya pakaian yang unik dan nyentrik membuat Genre musik ini banyak digemari oleh anak muda yang menyukai Fashion. Dam sekarang Punk sudah menyebar di seluruh dunia dan menjadi gaya hidup anak-anak muda yang anti hukum. Entahlah apa anak Punk di Indonesia mengerti asal usul dan arti dari Punk atau sekedar ikut-ikutan saja, tapi jika dilihat dari konsep anak Punk di Indonesia, mereka juga memiliki pandangan yang sama dengan Punk pada awalnya yakni menginginkan kebebasan dalam berekspresi dan hidup tanpa hukum.

Yang unik dari Punk adalah bahwa gaya musik yang cepat dan biasanya sering disisipkan suara Growling atai Screaming, jika melihat dari pola musiknya sepertinya jenis musik ini menganut Musik Rock yang dipadukan dengan Reggae dan kemudian dikembangkan dengan pola yang cepat.
Jadi jika kita melihat dari sejarahnya, antara Funk dan Punk itu amat sangat berbeda dan berasal dari tempat berbeda dan memiliki arti yang berbeda pula, semoga bermanfaat.

No comments: