Monday, 27 April 2015

Contoh Resume Analisis Jurnal Internasional



RESUME ANALISIS JURNAL INTERNASIONAL

Jurnal Internasional Pendidikan Sains
23 April 2011 : Vol. 32, No. 6, 1 April 2010, pp. 807–828
LAPORAN PENELITIAN

Bimbingan dan Himpunan : Inkuiri sebagai sikap dan sains sebagai inkuiri
Wayne Melville dan Anthony Bartley
Fakultas Pendidikan, Universitas Lakehead, Ontario, Kanada

Dalam artikel ini, kami menyelidiki bagaimana perlunya hubungan pembimbingan pada inkuiri sebagai sikap dapat bekerja untuk menekankan kondisi yang mempromosikan pengembangan guru ilmu pengetahuan sebagai inkuiri. Gambaran pada data yang dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, kami telah mengembangkan dua kasus narasi penelitian didasarkan pada dua hubungan bimbingan yang ada antara tiga guru: Will, Dan, dan Cathy. Will memasuki profesi guru pada tahun 1966, dan telah bertindak sebagai pembimbing untuk Dan karena ia mengajar dimulai pada tahun 1982. Demikian pula, Dan telah membimbing Cathy karena Cathy mulai mengajar pada tahun 1994. Dengan mengikuti dua generasi hubungan bimbingan, kami telah memperoleh wawasan potensi untuk inkuiri sebagai sikap untuk membantu promosi standar pengembangan profesional Standar Pendidikan Sains Nasional.

Pendidikan Sains Nasional (National Research Council/NRC) 1996, hlm 23.): Inkuiri adalah kegiatan multifaset yang melibatkan melakukan pengamatan; mengajukan pertanyaan; memeriksa buku-buku dan sumber informasi lain untuk melihat apa yang sudah diketahui; perencanaan investigasi; meninjau apa yang sudah diketahui dalam terang bukti eksperimental; menggunakan alat untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data; mengusulkan jawaban, penjelasan, dan prediksi; dan mengkomunikasikan hasilnya. Inkuiri memerlukan identifikasi asumsi, penggunaan berpikir kritis dan logis, dan pertimbangan penjelasan alternatif.
Pekerjaan sebagai guru sains saat itu mengalami perubahan yang signifikan. Pergeseran signifikan tersebut adalah menuju pengajaran dan pembelajaran sains sebagai inkuiri. Pendekatan profesional digali terhadap peluang yang menekankan pembelajaran aktif guru dari konten dan pedagogi yang sejalan dengan standar nasional (Garet, Porter, Desimone, Birman, & Yoon, 2001).
1.                  Bimbingan, Sains sebagai Inkuiri dan Inkuiri sebagai Sikap
Dalam menggunakan waktu bimbingan, kami telah mengadopsi konsep yang diusulkan oleh Awaya et al. (2003). Konseptualisasi ini memiliki lima fitur utama: (1) melihat pembimbing / hubungan anak didik sebagai sebuah perjalanan; (2) sifat egaliter pembimbing / hubungan anak didik; (3) pembimbing sebagai sumber pengetahuan praktis; (4) pembimbing sebagai sumber dukungan moral dan; (5) keterampilan pembimbing dalam memungkinkan anak didik untuk "menunjukkan kemampuan mereka". Hubungan Bimbingan berkembang dari waktu ke waktu, dengan masing-masing fitur ini dengan asumsi lebih besar, atau lebih kecil, tingkat menonjol di berbagai titik dalam hubungan.
2.                  Metode dan Metodologi
Untuk artikel ini, kami telah mengembangkan dua studi kasus narasi berdasarkan bimbingan hubungan tiga guru: Will, Dan, dan Cathy. Sebagai studi kasus, mereka dibatasi oleh waktu dan aktivitas (Cresswell, 2003), sejak dimulainya Will mengajar pada tahun 1966 sampai sekarang, dan dua bimbingan yang memiliki hubungan dikembangkan selama periode tersebut. Penulis kedua telah bekerja dengan Will dan Dan sejak 1994, dalam perannya sebagai pre-service guru sains. Setiap tahun sejak tahun 1994, pre-service guru sains telah mengunjungi departemen ilmu dipimpin oleh Will atau Dan untuk mengalami bagaimana sains sebagai inkuiri dapat dimasukkan ke dalam
kurikulum. Kami telah bekerja dengan Cathy sejak tahun 2005, sebagai
dasar dari keahlian Dan dalam pengajaran.
3.                  Tiga Guru, Dua Hubungan Bimbingan
Salah satu faktor penting dalam mempertimbangkan dua hubungan ini bimbingan telah mengubah sifat ilmu pendidikan sejak Will mulai mengajar pada tahun 1966. Sampai dengan tahun 1987 kurikulum yang sama, dalam pandangan Will, "sangat tradisional." Pada tahun 1988 sebuah kurikulum baru dilaksanakan di seluruh provinsi. Sains dimasukan dalam kurikulum baru, adalah dengan tujuan untuk membangun sumber daya manusia yang dipandang sebagai tentatif, subjektif,  empiris, dan integratif (Ontario Departemen Pendidikan, 1987). Tambahan lagi, siswa "diharapkan dapat mencapai tingkat literasi sains ..."
4.                  Analisis
Pengalaman, Will, Dan, dan Cathy, dan periode waktu yang mereka ambil untuk menerapkan strategi inkuiri kelas mereka, menimbulkan pertanyaan mengenai peran bimbingan dalam mencapai strategi ini. Dalam literatur, adanya perspektif yang saling bertentangan pada pertanyaan ini. Wang percaya bahwa pembimbing yang "Berlatih atau bergerak ke arah berlatih ajaran reformis mungkin tidak mengembangkan konsep yang diperlukan dan praktek bimbingan yang menawarkan semua peluang penting bagi pemula untuk belajar mengajar dengan cara yang sama "(2001, hal. 71).
5.                  Diskusi dan Implikasi
Kepemimpinan adalah suatu pertimbangan penting dalam pengembangan dan pemeliharaan komunitas ini. Data dan Analisis kami jelas menunjukkan perlunya hubungan untuk pembimbingan yang ada dalam himpunan berbasis inkuiri lebih besar jika mereka menghedaki perubahan yang cepat dan berkelanjutan untuk pengajaran guru.
Lampiran :Instrume Pertanyaan Wawancara Semi-Terstruktur :

1.                  Bagaimana Anda menggambarkan pendidikan Anda sendiri dalam ilmu pengetahuan dan ilmu pendidikan?
2.                  Apa yang Anda percaya sains sebagai inkuiri saat dimulainya
karir
mengajar anda?
3.                  Bagaimana Anda menggambarkan diri Anda sebagai guru sains sebelum tatap muka...?
4.                  Apa hubungan formal antara Anda dan ...?
5.                  Kualitas pribadi apa... membantu Anda untuk belajar dari mereka?
6.                  Bagaimana ... mendukung Anda sebagaimana anda mengembangkan guru sains yang berpemikiran inkuiri?
·           Praktikum Kelas.
·           Menjembatani kesenjangan teori-praktik.
·           Dukungan dalam instansi / sekolah.
·           Pendekatan sikap.
·           Pengakuan usaha Anda (apakah sukses atau tidak).
·           Penyediaan umpan balik yang konstruktif.
·           Setiap bentuk dukungan.
7.                  Apa saat-saat penting dalam pertumbuhan Anda sebagai pemikiran inkuiri guru sains?
8.                  Kapan Anda mulai menganggap diri sebagai guru berpemikiran inkuiri?
9.                  Kapan Anda percaya orang lain mulai menganggap Anda sebagai pemikiran inkuiri guru sains?
10.              Apa hubungan Anda dengan ... sekarang?
11.              Sudahkah Anda terus melihat ke ... dukungan melalui karir Anda?
12.              Sudahkah Memiliki jenis dukungan yang Anda telah berusaha untuk berubah dari waktu ke waktu?
13.              Bagaimana Anda menggambarkan dampak ... pada perkembangan Anda sebagai guru berpemikiran inkuiri?

No comments: