Saturday, 4 April 2015

RESUME ASESMEN PORTOFOLIO



Portofolio dalam arti ini, dapat digunakan sebagai instrumen penilaian atau salah satu komponen dari instrumen penilaian, untuk menilai kompetensi siswa, atau menilai hasil belajar siswa. Portofolio demikian disebut juga portofolio untuk penilaian atau portofolio penilaian.
Secara substansial portofolio siswa dapat dilihat sebagai gambaran dari hasil-hasil tulisan, interpretasi, maupun aktifitasnya di dalam kelas atau di luar kelas. Dalam pengertian lain, penilaian dengan portofolio dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:
1. Portofolio dalam bacaan (portofolio in reading), dan
2. Portofolio dalam tulisan (portofolio in writing).

Asesmen portofolio adalah suatu prosedur pengumpulan informasi mengenai perkembangan dan kemampuan siswa melalui portofolionya, dimana pengumpulan informasi tersebut dilakukan secara formal dengan menggunakan kriteria tertentu, untuk tujuan pengambilan keputusan terhadap status siswa.
Dalam suatu portofolio terdapat paling sedikit tujuh elemen pokok, yaitu:
1.    Adanya tujuan yang jelas, dan dapat mencakup lebih dari satu ranah.
2.    Kualitas hasil (outcome).
3.    Bukti-bukti otentik yang mencerminkan dunia nyata dan bersifat multi sumber.
4.    Kerjasama siswa dengan siswa, dan siswa dengan guru.
5.    Penilaian yang integratif dan dinamis karena mencakup multidimensi.
6.    Adanya kepemilikan (ownership) melalui refleksi diri dan evaluasi diri.
7.    Perpaduan asesmen dengan pembelajaran.
Salah satu alasan asesmen portofolio digunakan dalam dunia pendidikan dewasa ini adalah karena adanya ketidakpuasan terhadap penggunaan tes-tes baku yang dianggap tidak mampu menampilkan kemampuan siswa secara menyeluruh. Dalam konteks ini, yang dimaksud dengan tes baku adalah tes-tes yang secara tradisional digunakan untuk mengukur perkembangan belajar. Tes-tes tersebut kebanyakan berbentuk tes objektif dimana hanya ada satu pilihan jawaban yang benar. Tes-tes tersebut dikembangkan dalam format pilihan ganda, satu butir tes disediakan tiga hingga lima kemungkinan jawaban. Sebelum digunakan, tes-tes tersebut distandarisasi terlebih dahulu. Dalam perkembangan berikutnya, tes-tes di kelas pun, yang sifatnya formatif, juga menggunakan bentuk-bentuk tes baku tersebut.
Rujukan :
Putri, Novianita. 2013. Asesmen Portofolio. [Online] Tersedia: http://novianitaputri20.blogspot.com/2013/05/asesmen-portofolio.html (5 Maret 2015).
Rakaku, Agni. 2013. Asesmen Portofolio Dalam Penilaian. [Online] Tersedia: http://agnirakaku.blogspot.com/2013/04/asesmen-portofolio-dalam-penilaian.html.

No comments: