Saturday, 10 December 2016

Terima Kasih Pertamina




Mendengar kata Indramayu maka yang terlintas adalah dengan pertaminanya. Dan kini mendengar Indramayu maka terlintas dengan ekowisata mangrovenya. Setahun terakhir ini objek wisata ekowisata mangrove Karangsong Indramayu terus viral di media sosial dan menjadi tujuan destinasi wisata alam, semakin hari pengunjung terus bertambah.


Sempat kepo siapa sih sang penggagas ekowisata mangrove ini, dan rasa penasaran itu akhirnya terjawab sudah. Menjadi undangan dalam acara “Pemberdayaan Pesisir dan Kebersihan Pantai” yang dihadiri oleh Ibu Menteri Lingkungan Hidup Ibu Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc.dalam rangka ulang tahun ke-59 Pertamina yang diadakan pada 9-10 Desember 2016. Ternyata yang menjadi penggagas adanya objek wisata alam ekowisata mangrove adalah Pertamina. 

Dalam sesi bedah buku “Berlabuh di Pantai Karangsong” dibahas begitu lengkap bahwa pohon mangrove yang banyak di pantai karangsong ternnyata merupakan sebuah berkah dari kejadian musibah tumpahnya minyak di laut pada tahun 2008 yang menuju pe pantai karangsong. Dari musibah tersebut maka tergagaslah ide untuk menanam pohon mangrove. Kini setelah 8 tahun berlalu pohon-pohon mangrove tersebut tumbuh rindang dan lebat. Dengan kondisi itu maka Pertamina beserta masyarakat dan pihak terkait mengajak untuk mengelolanya menjadi sebuah objek wisata mangrove, yang kini kita kenal dengan ekowisata mangrove.

Setelah sesi bedah buku acara dilanjutkan dengan talkshow tentang beragam manfaat dari mangrove, dan ternyata dari mulai akar hingga daun mangrove semuanya memiliki beragam manfaat. Salah satunya adalah syrup mangrove, dengan produk syrup mangrove ini Ibu Bupati Indramayu Ibu Hj. Anna Sophanah beserta Ibu Menteri Lingkungan Hidup mengajak masyarakat dan undangan yang hadir dalam acara pembersihan pantai karangsong untuk minum syrup mangrove bersama-sama dan tercatat dalam Rekor Muri dengan tema 1000 orang minum syrup mangrove hasil olahan dari Indramayu.

Terima kasih Pertamina yang begitu perhatian kepada tanah tercinta kami Indramayu, Selamat Ulang Tahun yang Ke-59 Pertamina semoga semakin jaya dan terus mandatangkan manfaat bagi semua, aamiin..

No comments: