Thursday, 25 May 2017

Weekend bareng MPR RI


Bandung : Sabtu, 20 Mei 2017
Sosialisasi 4 Pilar terus digalakan MPR RI, kali ini MPR RI menggandeng para Blogger Bandung yang juga turut hadir blogger-blogger dari sekitar Bandung seperti Garut dan Purwakarta, serta diikuti pula oleh blogger dari Cirebon dan Indramayu.
Bertempat di Hotel Novotel Bandung sekitar 70 blogger berbincang dan bertukar pikiran tentang 4 Pilar, dimana 4 Pilar ini adalah sebuah metode MPR RI dalam memperkenalkan atau mensosialisasikan akan pentingnya pemahaman Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan RepublimIndonesia (NKRI), dan Bineka Tunggal Ika.
Acara dimulai dengan ngobrol santai antara staf MPR RI yang membidangi infokom MPR RI dengan didampingi ketua komunitas @bloggerbandung yaitu @bangaswi. Beberapa masukan dari rekan blogger mengenai 4 pilar diantaranya tentang ide dibuatnya sebuah film yang bertemakan 4 pilar, ada juga yang memberikan masukan agar memasukan 4 Pilar ini kedalam kurikulum sekolah. Serta beberapa masukan lain berkenaan dengan efektifitas sosialisasi 4 Pilar MPR RI.
Dibagian akhir acara diisi dengan sambutan dari Sekjen MPRRI Bapak Ma’aruf Cahyono yang menegaskan akan pentingnya pemahaman 4 Pilar MPRRI, dimana 4 Pilar Kebangsaan ini adalah bersifat universal yang harus bisa dengan mudah dipahami oleh semua kalangan. Perlu diketahui bahwa saat ini MPR bukan lagi lembaga tertinggi Negara, tapi setara dengan lembaga lain. Pada kesempatan ini dalam acara Netizen ngobrol bareng MPR RI, pa sekjen ingin mengajak para blogger untuk sama-sama mensosialisasikan 4 Pilar MPR RI sehingga dapat menghubungkan antara MPR RI dengan masyarakat dan Pa Sekjen berkeinginan pula MPR RI bisa menjadi rumah kebangsaan bagi masyarakat.
Perlu diketahui pula akan pemahaman MPR RI tentang lembaga, tugas, wewenang dan kelembagaannya. Dengan pemahaman tersebut maka jangan sampai ada bias, karena MPR RI adalah lembaga yang dipercaya rakyat maka citranya pun harus baik. Untuk mencapai tujuan itu tidaklah mdah, perlu proses karena learning process sangat penting demi perbaikan. Blogger dengan kemampuannya dalam menulis harus bisa membandingkan kondisi factual dengan ideal, satu kalimat dengan pemikiran beragam, yang perlu diperhatikan lagi adalah harus bisa menghindari kontraproduktif. Berilah pemahaman yang mudah dengan mengkombinasikan aspek kognisi, afeksi, dan psikomotor. Mengakhiri sambutannya, pa sekjen membacakan puisi yang berisikan motivasi untuk terus menjaga kebhinekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Dan acara pun ditutup dengan foto bersama Pa Sekjen dengan para blogger yang hadir dan berharap pertemuan ini bukan yang terakhir, namun akan terus berkesenambungan.


 #netizengathering #4PilarMPR #bandung #inibaruindonesia @mprgoid @BloggerMangga @doankagus13

No comments: